Ayo! Kembalikan Semangat Pancasila-mu!

Pancasila adalah 5 sila dasar Negara Indonesia yang berisi tentang pedoman hidup bangsa Indonesia sendiri untuk mencapai tujuan bersama.   Pancasila secara resmi diumumkan pada pembukaan UUD 1945. Tentunya Pancasila dibentuk dengan susah payah dan usaha yang ngga mudah. Karena dalam perjalanannya, Pancasila telah mengalami beberapa kali revisi. Namun, sebagai tujuan bersama rakyat Indonesia, apakah udah sesuai sama penerapan nilai- nilai Pancasila itu dengan tujuan bersama yang kita maksud?

                Adakalanya, bangsa Indonesia ini lengah. Lengah dalam bentuk apa? Lengah yang kita paparkan disini adalah lengah dalam bentuk ‘kurang terjalannya lagi penerapan nilai- nilai Pancasila dalam keseharian kita.’. Untuk itu, sebagai generasi penerus kita mesti sanggup membenahi lagi ‘kejayaan Pancasila’. Kurangnya pendidikan mengenai Pancasila, adalah satu dari sekian banyak alasan mengenai hilangnya jiwa Pancasila dalam setiap pribadi rakyat Indonesia. Jadi, kalo belajar PKn mesti bener-bener dipahami ya hehe.   

                Seperti makna burung Garuda Pancasila. Burung ini gagah dengan matanya yang tajam dan warna keemasan, mencerminkan bangsa Indonesia yang tangguh, kuat dan berani. Adapun kelima sila di dada Garuda, mencerminkan asas kehidupan dalam bernegara di Indonesia. Dan lembaran ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang tercengkram erat dikakinya, menunjukkan bahwa kita, Bangsa Indonesia selalu bersama dalam menjunjung tinggi nilai- nilai Pancasila kita meskipun kita semua berbeda- beda. Dari semua itu, maka kita koreksi kembali diri kita, apakah sudah sesuai apa yang Pancasila inginkan dari kita dengan apa yang kita lakukan terhadap Pancasila? Jika belum, maka mari kita kembalikan lagi semangat Pancasila kita dengan bersungguh- sungguh berusaha untuk mengamalkannya. Setuju?

                Namun, ngga selamanya kita selalu didalam belengu ketidaktahuan akan Pancasila. Contohnya adalah maraknya film yang mengangkat tema kemerdekaan, semangat Pancasila, juga tentang perjuangan. Film- film seperti itulah yang dapat membantu kita untuk kembali untuk tersadar akan kurangnya jiwa Pancasila kita. Ambil hikmah yang dapat kita ambil. Ambil juga contoh yang sekiranya dapat kita terapkan. Itu juga merupakan contoh penghormatan kita akan Pancasila. Pengamalan Pancasila ngga selamanya harus dengan berjuang dalam bentuk perang loh. Kita, sekarang ini, bisa mengamalkan Pancasila dengan belajar sungguh- sungguh untuk mendapatkan nilai yang bagus tapi dengan catatan, kalo ulangan mesti jujur ya. Ngga boleh nyontek, minta jawaban temen apalagi bikin kopelan kecil buat diintip nanti. Sebelum penutupan, kita nyanyi sama sama yuk biar bikin semangat kita menjadi lebih berkobar. Pasti kalian hapal lagu ini kok.

                “ Garuda Pancasila…

                Aku-lah pendukungmu…

                Patriot proklamasi…

                Sedia berkorban untukmu…

                Pancasila dasar Negara…

                Rakyat adil makmur sentosa…

                Pribadi bangsaku..

                Ayo maju maju ayo maju maju ayo maju majuuuu….”

 

 Gambar

 

 

Leave a comment